Mobil Sapuangin Speed 5 ITS Siap Berlaga di Jepang

Militer.or.id – Mobil Sapuangin Speed 5 ITS Siap Berlaga di Jepang.

Mobil Sapuangin ITS (ristekdikti.go.id)

Surabaya – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya meluncurkan mobil Sapuangin Speed 5 untuk bertanding di “Student Formula Japan (SFJ) 2017″ pada 5 -9 September 2017 mendatang, di Ecopa Stadium, Shizouka, Jepang.

Mobil Formula buatan mahasiswa ini diluncurkan dan dilepas oleh Rektor ITS Prof Joni Hermana, pihak Pertamina, dan Ikatan Orang Tua Mahasiswa (Ikoma) ITS,  Jumat 25-8-2017  di kampus ITS.” Generasi Sapuangin 5 relatif baru sama sekali,  baik desain atau mesin. Perubahan ini diharapkan, bisa mendapatkan hasil yang signifikan,” ujar Rektor ITS Joni Hermana.

HARUS BACA :  Lanud Leo Watimena Uji Fungsi dan Training AWOS

Joni Hermana mengatakan dalam ajang SJP tahun ini, ITS menargetkan akan masuk dalam 10 besar nominasi atau naik 15 peringkat dari tahun sebelumnya. Sebelumnya ITS berada pada peringkat ke-25 dalam kompetisi tahunan ini.

General Manager Sapuangin ITS Annas Fauzi menjelaskan proses produksi mobil ini memakan waktu kurang lebih setengah tahun. Selain itu, untuk generasi Sapuangin 5 mempunyai keunggulan di sisi power dan manuver.

HARUS BACA :  Panglima TNI : Kaderisasi Kepemimpinan, Investasi Masa Depan
HARUS BACA :  DCNS Unveils Belharra, 4.000 Tonne Frigate

“Kelebihannya, engine prototipe mobil balap ini lebih powerfull. Bila dilihat akselerasinya, mobil ini bisa menempuh 75 meter hanya dalam 5-6 detik,” ujar Annas Fauzi . ITS  berusaha mengadakan desain yang lebih baik.

Annas Fauzi memperkirakan lawan terberat di ajang kali ini selain tuan rumah Jepang adalah Thailand. “Saya memprediksi, Thailand paling berpotensi dalam kejuaran ini,” ujarnya.

Ajang Student Formula Japan 2017  mempunyai beberapa sub-event yang harus dilewati oleh peserta, antara lain : ‘design report’, ‘cost report’, ‘business plan’ pada ‘static event’, ‘skid pad’, ‘acceleration’, ‘autocross’, ‘endurance’, and ‘efficiency’ pada ‘dynamic event’. Masing-masing sub-event akan mempunyai poin-poin tertentu yang nantinya diakumulasi menjadi poin akhir.

HARUS BACA :  Panglima TNI Tentang Pemutaran Film G 30 S/PKI

Selain ITS, tercatat beberapa universitas dari Indonesia yang juga akan berlaga di kompetisi ini, yaitu Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) dan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Antara,25-8-2017.

Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.1k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  KRI R.E. Martadinata-331 dan KDB Daruttaqwa 09 Sandar di Kepulauan Riau

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here