Kemhan Upayakan Percepatan Kemandirian Industri Pertahanan

Militer.or.id – Kemhan Upayakan Percepatan Kemandirian Industri Pertahanan.

Program pembinaan kemampuan pengembangan teknologi industri pertahanan dalam negeri sangat mendapat perhatian dari Pemerintah baik dari Menteri Pertahanan maupun Presiden RI, agar Indonesia mampu mewujudkan dan mencapai cita-cita kemandirian industri pertahanan.

Untuk itu mempercepat kemandirian industri pertahanan, maka Pemerintah melalui Kementerian Pertahananan terus melakukan berbagai upaya diantaranya dengan mengoptimalkan kesepakatan – kesepakatan kerja sama d ibidang industri pertahanan yang telah dicapai dengan pihak dan mitra luar negeri dalam hal ini negara sahabat.

HARUS BACA :  DCNS Proposes Corvette, frigate Designs for Indonesian Navy Requirements

Demikian disampaikan Direktur Jenderal Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan (Dirjen Pothan Kemhan) Dr. Sutrimo Sumarlan saat memimpin Serah Terima Jabatan (Sertijab) dan Pelatikan Pejabat Eselon III dan IV di lingkungan Ditjen Pothan Kemhan, Jakarta.

“Tantangan tugas Kemhan di bidang pembinaan industri pertahanan dalam negeri akan semakin kompleks. Yang paling sulit adalah bagaimana mengimplementasikan kesepakatan – kesepakatan yang telah dicapai”, jelas Dirjen Pothan Kemhan.

Dalam mengimplementasikan kesepakatan –kesepakatan kerja sama industri pertahanan tersebut, Kemhan juga akan terus melakukan upaya koordinasi dengan kementerian/lembaga di dalam negeri, maupun dengan perwakilan atau keduataan negara sahabat atau Kemhan negara sahabat yang telah menjalin berkerjasama di bidang industri pertahanan.

HARUS BACA :  Panglima TNI Dampingi Presiden RI Berikan Pengarahan Kepada Babinsa di Bandung

Sementara itu upaya lainnya dalam rangka mempercepat kemandirian industri pertahanan adalah saat ini Kemhan sedang menyusun pemetaan atau gambaran industri pertahanan dalam negeri untuk lima sampai sepuluh tahun mendatang. Dengan pemetaan tersebut, maka kedepannya industri pertahananan dalam negeri akan lebih memiliki arah yang jelas.

Kemhan selaku pembuat kebijakan juga terus melakukan komunikasi dan sinergi baik dengan pihak produsen industri pertahanan dalam negeri maupun pihak pengguna dalam hal ini TNI.

HARUS BACA :  Sendirian, Tentara Ini Bertempur Melawan Enam Tank Jerman

Karena menurutnya yang terpenting dalam pembuatan produk – produk Alat Peralatan Pertahanan dan Keamanan (Apalhankam) adalah bagaimana produk tersebut dapat diproduksi dengan kualitas terbaik, dibeli dan digunakan oleh pengguna dalam rangka terus memberikan apresiasi, keyakinan dan kepercayaan atas karya putera – puteri Indonesia.

Photo : Mock Up Manpads PT Pindad (defence.pk)

Sumber : Pen Kemhan

Roy Prasetyahttps://militer.or.id
NKRI adalah harga mati! Demikian menjadi prinsip hidup penulis lepas ini. Berminat terhadap segala macam teknologi militer sejak kelas 5 SD, ketika melihat pameran Indonesian Air Show 1996.

Latest articles

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here