Menko Kemaritiman Bakal Kerahkan Tanker hingga Satelit Jaga Natuna

Militer.or.id – Menko Kemaritiman Bakal Kerahkan Tanker hingga Satelit Jaga Natuna.

Luhut Pandjaitan Temui Menteri Pertahanan Amerika Bahas Keamanan Maritim dan Modernisasi Pertahanan di Pentagon 07062017. (DoD)
Luhut Pandjaitan Temui Menteri Pertahanan Amerika Bahas Keamanan Maritim dan Modernisasi Pertahanan di Pentagon 07062017. (DoD)

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan akan berkoordinasi dengan Kementerian/Lembaga terkait untuk menjaga laut Natuna, Kepulauan Riau dari berbagai ancaman. Ancaman itu termasuk pencurian sumber daya alam, maupun yang menyangkut aspek pertahanan dan keamanan kedaulatan maritim Indonesia.

HARUS BACA :  Dubes Amerika Serikat Kunjungi Panglima TNI

“Sekarang kita sedang melihat bagaimana kita mengamankan Natuna. Laut Natuna menjadi penting, baik dari aspek ikan maupun pertahanannya,” tegas Luhut saat Rapat Kerja (Raker) RKA K/L dengan Banggar DPR di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (13/9/2017).

uhut akan mengusulkan pengerahan alat utama sistem persenjataan (alutsista) lengkap dan terintegrasi di wilayah Natuna untuk menjaga stabilitas keamanan di kawasan tersebut.

HARUS BACA :  Pemimpin Kamboja Minta Dunia Tak Campuri Politik Indochina

“Kami usulkan penggunaan satelit, drone, pesawat terbang, tanker, kapal ikan, kapal Badan Keamanan Laut (Bakamla), itu nanti satu terintegrasi,” ujar Mantan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan ini.

“Kalau ini berjalan, kita akan menunjukkan negara kepulauan dengan Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) I-IV bisa dikendalikan sebagai negara maritim terbesar di dunia,” ucap Luhut.

Oleh karenanya, Kemenko Bidang Kemaritiman dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) telah mengembangkan satu sensor yang dapat mendeteksi keberadaan kapal selam nuklir dari negara lain di Laut Natuna.

HARUS BACA :  Persiapan 100 Prajurit Satgas Maritim Task Force ke Lebanon

“Lalu lalang kapal selam nuklir dari negara tertentu, pasti bisa dimonitor karena kita dan BPPT sudah mengembangkan satu sensor yang ditanam di Selat Sunda. Kita kembangkan sensor itu dengan biaya tidak terlalu mahal,” jelas Luhut.

Sumber : Liputan6

Roy Prasetyahttps://militer.or.id
NKRI adalah harga mati! Demikian menjadi prinsip hidup penulis lepas ini. Berminat terhadap segala macam teknologi militer sejak kelas 5 SD, ketika melihat pameran Indonesian Air Show 1996.

Latest articles

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here