Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Kapal Perang Inggris Pakai Asisten Suara

Militer.or.id – Kapal Perang Inggris Pakai Asisten Suara.

Militer Inggris, ke depan akan melengkapi armadanya dengan teknologi kecerdasan buatan. Angkatan Laut Inggris akan melengkapi kapal perangnya dengan sistem asisten berbasis suara mirip milik Apple, Siri. Langkah ini merupakan bagian dari sentuhan teknologi informasi untuk penguatan armada kapal perang Inggris. 

Kepala Angkatan Laut Kerajaan Inggris, Laksamana Laut Pertama Sir Phillip Jones mengatakan, asisten suara layaknya Siri akan disematkan dalam sistem kapal perang sedang atau fregat Type 31.

“Kapal Type 31e akan menampilkan tool berbasis aplikasi yang bisa mengakses data kapal. Ini akan dioperasikan dari rangkaian layar sentuh, asisten suara seperti Siri dan dengan teknologi augmented reality,” ujar Jones dalam pameran Defence and Security Equipment International dikutip dari The Guardian, Kamis 14 September 2017.

Ditargetkan sentuhan teknologi terkini dalam kapal perang Kerajaan Inggris itu bisa terwujud pada 2023.

Kepala Angkatan Laut tersebut menegaskan sentuhan teknologi baru pada kapal perang Inggris itu bukan sebuah bualan atau gimmick saja.

Jones menuturkan, asisten suara seperti Siri dan augmented reality sudah menjadi kebutuhan dalam armada perang laut tersebut.

“Seiring peperangan modern yang makin cepat dan makin banyaknya data yang digerakkan, aset terbesar kami adalah kemampuan untuk memotong arus informasi agar bisa berpikir dan bertindak meyakinkan,” kata Jones.

Untuk gambaran penerapan asisten suara dalam kapal perang, kata Jones, yakni bisa membantu awak kapal mengetahui rudal yang diluncurkan musuh.

Siri selama ini jamak dipakai untuk mencari tahu hal keseharian, misalnya pengguna bertanya ‘bagaimana cuaca hari ini’. Nah, untuk awak Angkatan Laut Kerajaan Inggris, bisa bertanya ke asisten suara pintarnya dengan, pertanyaan yang lebih serius misalnya, ‘siapa yang melepaskan rudal itu.

Photo : Type 31 frigate Venator 110 (savetheroyalnavy)

Sumber : Viva

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *