Militer.or.id – KRI Bima Suci Berlayar Menuju Indonesia tanggal 18 September.

Serah terima Kapal Layar Latih NB705 dari Freire Shipyard di Dermaga Pelabuhan Vigo, Spanyol, Selasa (12/9), dilanjutkan peresmiannya menjadi KRI Bima Suci yang dijadwalkan berlayar menuju Indonesia, Minggu, 18 September 2017.

Pada acara yang dipimpin KSAL Laksamana Ade Supandi itu dihadiri Wakil Presiden RI ke-6, Jend (Purn) TNI Try Sutrisno dan Dubes RI untuk Kerajaan Spanyol, Yuli Mumpuni Widarso, demikian keterangan dari KBRI Madrid yang diterima Antara London, Kamis.

Acara itu juga dihadiri Presiden Xunta de Galicia Alberto Nunez Feijo, dan pejabat tinggi Pemerintah Xunta de Galicia, Kementerian Pertahanan Kerajaan Spanyol, dan Mabes AL Kerajaan Spanyol.

Dirjen Freire Shipyard, Guillermo Freire, dalam sambutannya antara lain menyatakan acara serah terima kapal Bima Suci ini menjadi akhir puncak proyek menandai tonggak sejarah bagi Freire Shipyard dan industri maritim Galicia.

Bima Suci merupakan kapal sekolah pertama yang dibangun di galangan kapal dan juga kapal sekolah pertama dari karakteristik dibangun di galangan kapal Galicia. Hal itu membuat galangan kapal Freire merasa bangga, ujarnya.

Secara teknis, kapal sekolah ini berukuran 111 meter dan lebar 13,5 meter, memiliki komponen inovatif yang tinggi dan jauh lebih unggul dibandingkan kapal jenis. Kapal ini juga kapal terbesar yang pernah dibangun dalam 20 tahun terakhir di Uni Eropa dan di seluruh dunia memiliki teknologi maju dibanding sistem konvensional lainnya.

Kapal Bima Suci akan menggantikan Kapal Sekolah KRI Dewaruci yang legendaris dan menjadi duta terapung Indonesia, negara modern dan multikultural dengan tradisi panjang dalam perdagangan maritim internasional.

Photo : KRI Bima Suci (choupesqueira)

Sumber : Antara

Editor : (D.E.S)

Jangan lupa isi form komentar di bawah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here