Gempa 3,4 SR Dekat Pusat Uji Nuklir Korea Utara

Militer.or.id – Gempa 3,4 SR Dekat Pusat Uji Nuklir Korea Utara.

Bendera Korea Utara (stephan/wikipedia.org)

Gempa berkekuatan 3,4 skala richter telah terdeteksi di Korea Utara, 23/9/2017, ungkap BBC. Gempa terjadi sekitar 50 km dari tempat uji coba nuklir Korea Utara, kata beberapa pemantau.

Ahli seismologi China pada awalnya mengatakan bahwa gempa itu adalah “dicurigai ledakan” namun Korea Selatan mengatakan bahwa kemungkinan gempa bumi tidak disebabkan oleh uji coba nuklir.

HARUS BACA :  Drone Sasaran Tembak TNI AU Tiba di Bulukumba

Survei Geologi AS (USGS), mengatakan pihaknya belum dapat membuat keputusan mengenai penyebab gempa tersebut.

Gempa terakhir tercatat pada kedalaman 0 km di provinsi North Hamgyong, tempat asal proyek nuklir Punggye-ri, kata badan meteorologi Korea Selatan.

USGS juga mengatakan gempa itu terjadi di daerah uji coba nuklir namun ahli seismologinya menilai gempa tersebut memiliki kedalaman 5km.

HARUS BACA :  Yonif Raider 514 Kostrad Gelar Karya Bhakti Pelebaran Jalan
HARUS BACA :  KRI Spica-934 Survei dan Pemetaan di Perairan Laut Jawa

“Kami tidak dapat secara meyakinkan mengkonfirmasinya saat ini sifat (alami atau buatan manusia) dari gempa tersebut,” kata Survei Geologi AS.

Sementara penyebabnya belum diketahui, penjelasan alternatif yang ajukan oleh pakar tentang Korea Utara adalah runtuhnya terowongan di lokasi pengujian yang mungkin terkait dengan pengujian nuklir pada 3 September 2017.

HARUS BACA :  Sertijab 3 Kadis dan Penyerahan Jabatan Kapuskodal Kormar

Korea Utara menyatakan gempa pada 3 September 2017, merupakan hasil dari uji bom hidrogen. Laporan awal dari USGS menempatkan getaran pada ketinggian 5,6 dengan kedalaman 10km namun kemudian ditingkatkan menjadi berkekuatan 6,3 pada jarak 0 km.

Gempa yang terjadi Sabtu, 23/9/2017, berjarak sekitar 50 km dari pusat ledakan uji bom hidrogen Korea Utara pada 3 September 2017. (BBC.com).

Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.1k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  PT DI Raih Kontrak Baru untuk Penjualan Dua Unit Helikopter AS365 N3+ Dauphin

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here
HARUS BACA :  Brigif Raider 13/1 Kostrad Asah Naluri Tempur Pasukan