AS Telah Berbicara Langsung dengan Korea Utara

AS Telah Berbicara Langsung dengan Korea Utara

Militer.or.id – AS Telah Berbicara Langsung dengan Korea Utara.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Rex Tillerson, saat berkunjung ke Beijing, China, 30/9/2017 (Rex Tillerson)

Beijing – Amerika Serikat mengatakan pada Sabtu, 30/9/2017 telah berbicara langsung dengan Korea Utara mengenai kegiatan nuklir dan perluru kendalinya, namun Pyongyang tidak menunjukkan minat berunding.

Pemberitahuan oleh Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson dalam perjalanannya ke China itu adalah yang pertama kali dia berbicara menyangkut pendekatan AS ke Korea Utara tentang capaian nuklir dan peluru kendali balistik antarbenua.

“Kami sedang menyelidikinya. Jadi, tunggu saja,” ujar Tillerson kepada wartawan di Beijing.

“Kami bertanya, ‘Apakah Anda ingin berbicara?’ Kami memiliki jalur komunikasi dengan Pyongyang. Kami tidak dalam keadaan suram,” ujar Tillerson.

Dia mengatakan pembicaraan terjadi secara langsung dan mengutip tentang dua atau tiga jalur AS yang terbuka untuk Pyongyang.

“Kami dapat berbicara dengan mereka, kami telah berbicara dengan mereka,” ujarnya tanpa menjelaskan lebih jauh tentang orang Amerika mana yang terlibat dalam pembicaraan tersebut atau seberapa sering atau seberapa seriusnya percakapan mereka.

Tujuan dari setiap dialog awal akan mencari tahu langsung dari Korea Utara apa yang ingin mereka didiskusikan.

“Kami bahkan belum mendapatinya sampai sejauh ini,” katanya.

Dengan mencoba mengurangi ekspektasi, Kementerian Luar Negeri mengatakan bahwa saat ini tidak ada tanda-tanda bahwa Pyongyang tertarik untuk melakukan pembicaraan.

“Pejabat Korea Utara tidak menunjukkan indikasi bahwa mereka tertarik atau siap untuk melakukan pembicaraan mengenai denuklirisasi,” demikian juru bicara departemen luar negeri AS Heather Nauert dalam pernyataannya.

Tillerson sebelumnya telah memberikan sedikit detail tentang pendekatan yang dilakukan AS. Pada 20 September, dia hanya mengakui telah melakukan komunikasi yang “sangat, sangat terbatas” dengan perwakilan PBB dari Pyongyang.

Ketika ditanya tentang pernyataan Tillerson dan komunikasi yang mungkin ada antara Pyongyang dan Washington, juru bicara misi Korea Utara ke PBB mengatakan bahwa dia tidak dapat menjelaskan lebih jauh. (Antara/Reuters).

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *