Militer.or.id – Houthi Yaman Klaim Tembak Jatuh Drone MQ-9 Reaper AS.

Drone AS ditembak jatuh Houthi Yaman (CGTN – @CGTNOfficial)

Dubai – Pasukan Houthi Yaman menembak jatuh sebuah pesawat Nirawak pengintai Amerika Serikat pada Minggu 1-10-2017 di ibu kota Sanaa, menurut laporan kantor berita SABA yang dikendalikan gerakan tersebut.

Gerakan Houthi dan sekutunya, pendukung pasukan mantan presiden Ali Abdullah Saleh menguasai sebagian besar wilayah Yaman Utara, termasuk Sanaa, dan sedang berusaha melawan sekutu pimpinan Arab Saudi yang mencoba untuk memulihkan pemerintahan Presiden Abd Rabbu Mansour Hadi yang diakui secara internasional.

Amerika Serikat menyokong sekutu pimpinan Arab Saudi dengan memberikan bantuan intelijen dan peralatan senjata. “Sebuah sumber militer mengatakan bahwa pertahanan udara (Houthi) menembak jatuh sebuah pesawat nirawak MQ-9 milik AS, di daerah Jader, provinsi Sanaa,” lapor SABA.

Seorang wartawan foto mengatakan bahwa pesawat Nirawak itu jatuh sekitar pukul 11.00  waktu setempat di daerah padat, di pinggiran ibu kota, tetapi tidak ada laporan jatuhnya korban. Puing pesawat yang hangus diangkut oleh pasukan Houthi menggunakan truk bak terbuka.

Armada Kelima AS yang bermarkas di Bahrain tidak segera memberikan balasan atas permintaan tanggapan terhadap kejadian tersebut.

Lebih dari 10.000 orang tewas akibat perang sipil di Yaman, yang dimulai pada Maret 2015, sewaktu pasukan tempur Houthi menyerang kantor kepresidenan sementara di kota Aden, yang memaksa Presiden Abd-Rabbu Mansour Hadi melarikan diri dari negara itu dan meminta bantuan kepada Saudi.

Perang sudah menyebabkan bencana kemanusiaan di negara tersebut, lebih dari 2 juta orang sudah mengungsi, sementara sekitar 750.000 diduga terjangkit kolera. (Antara/Reuters).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here