Militer.or.id – Pilot AS Akan Uji Empat F-16V Taiwan.

Penerbangan F-16 pertama dalam konfigurasi V. (Foto: Lockheed Martin)

Militer.or.id – Pilot penguji Amerika Serikat telah tiba di Taiwan untuk melakukan uji coba pada empat unit jet tempur F-16 milik Angkatan Udara Taiwan yang di upgrade ke model V.

Taiwan mengharapkan kiriman pertama rudal udara-ke-udara jarak pendek AIM-9X Sidewinder Block II dari AS tahun depan.

Dilengkapi dengan radar AESA AN/APG-83 yang terbaru dan sistem helm penargetan bersama, Angkatan Udara Taiwan akan dapat menggunakan sistem rudal berpemandu inframerah terbaru AIM-9X untuk melakukan serangan dalam cakupan yang luas, peningkatan substansial pertahanan udara jet tempur F-16V menurut portal berita Storm.mg pada hari Selasa.

Meskipun Amerika Serikat masih belum sepakat untuk menjual jet tempur generasi kelima F-35 kepada Taiwan, Angkatan Udara Taiwan berhasil mendapatkan rudal AIM-9X terbaru untuk di tandemkan dengan F-16V “Fongshan Project” dengan meng-upgrade kinerja jet tempur F-16A/B miliknya.

Taiwan membeli total sebanyak 196 rudal AIM-9X Sidewinder Block II, dimana 140 adalah rudal aktif dan 56 lainnya adalah rudal untuk latihan, yang diperkirakan akan dikirim secara bertahap hingga Maret 2019.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here