TNI AL Diperkuat KAL 28 M dan 2 Combat Boat

Militer.or.id – TNI AL Diperkuat KAL 28 M dan 2 Combat Boat.

Aslog Kasal Laksamana Muda TNI Mulyadi, S.PI., M.A.P., memimpin acara serah terima 1 unit Kal 28 M dan 2 unit Combat Boat AL D-18 produksi PT Tesco Indomaritim, sekaligus memimpin peresmian dan pelantikan Komandan Kapal.

Jakarta, Militer.or.id – TNI AL resmi diperkuat armada baru, dalam kesempatan ini Asisten Logistik (Aslog) Kasal Laksamana Muda TNI Mulyadi, S.PI., M.A.P., memimpin acara serah terima 1 unit Kal 28 M dan 2 unit Combat Boat AL D-18 produksi PT Tesco Indomaritim, sekaligus memimpin peresmian dan pelantikan Komandan Kapal, pada Rabu  27/12/2017 di Pantai Mutiara, Jakarta Utara.

KAL 28 M tersebut diberi nama KAL Pulau Siantan II-4-52, sedangkan ke dua unit Combat Boat masing – masing diberi nama Patkamla Pulau Pagerungan dan Patkamla Pulau Semau. Ketiga Kapal ini akan menambah kekuatan TNI AL dalam menjaga keamanan wilayah perairan Indonesia, khususnya sebagai sarana patroli terbatas diwilayah Lantamal V Surabaya, Lantamal VII Kupang dan Lanal Tarempa.

HARUS BACA :  China is Testing a New Very Long Range Air to Air Missile

KAL 28 M adalah Kapal Angkatan Laut yang memiliki tanda-tanda khusus dengan persyaratan teknis dan operasional tertentu yang dibagi berdasarkan proyeksi penugasan dan disesuaikan dengan satuan kerja yang mengoperasionalkannya.

Sedangkan Combat Boat Aluminium D-18 merupakan Kapal cepat yang dilengkapi dengan senjata sedang jenis mitraliur 12,7 mm, yang memiliki fungsi asasi untuk melaksanakan pengejaran, penangkapan dan penyelidikan, peperangan khusus anti teror aspek laut dan kegiatan infiltrasi melalui laut serta didisain juga untuk mampu melaksanakan Search and Rescue (SAR).

HARUS BACA :  China is Testing a New Very Long Range Air to Air Missile

Dalam amanatnya Aslog Kasal pada serah terima satu unit KAL 28 M dan dua unit Combat Boat mengatakan bahwa, pengadaan tersebut dibangun telah melalui mekanisme dan kriteria pembangunan kapal secara komprehensif mulai dari tahap design, uji laboratorium hidrodinamika, sampai dengan pembangunan serta di awasi oleh Satgas dan biroklasifikasi RINA (Registro Italiano Navale), sehingga dapat memenuhi tingkat readness dan sustainability.

HARUS BACA :  Kemampuan Artillery Strike Satuan Armed TNI AD

Pengadaan KAL dan Combat Boat tersebut merupakan bagian dari Renstra TNI Angkatan Laut, dalam upaya mewujudkan kekuatan pokok minimum TNI Angkatan Laut tahun 2010-2024.

“Saya berharap kepada satuan penerima dan Bintek terkait agar terus memonitor kondisi teknis KAL dan Combat Boat tersebut, berkaitan dengan jaminan pemeliharaan yang diberikan oleh PT Tesco Indomaritim sebagai perusahaan pembuat dan kapa-kapal tersebut dapat dioperasikan secara maksimal” kata Aslog Kasal.

Selain itu, pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan peresmian dan pelantikan Komandan KAL Pulau Siantan 11-4-52 yang dijabat oleh Kapten Laut (P) Adi Putra Parlindungan lulusan alumni Akademi Angkatan Laut Angkatan Ke-55.

Saat pelantikan Komandan KAL Aslog Kasal mengatakan bahwa, penugasan pada jabatan-jabatan strategis ini merupakan wujud kepercayaan pemimpin TNI Angkatan Laut kepada para Perwira terbaik untuk mengembangkan kepemimpinan, kreatifitas dan kemampuan konsepsional dalam membangun TNI Angkatan Laut handal dan disegani serta berkelas dunia.

HARUS BACA :  Taruna Akmil Latihan Pertempuran Jarak Dekat

“Atas nama Kepala Staf Angkatan Laut Saya berpesan, pelajari dan explore kemampuan dan performance kapal secara maksimal guna mengatasi medan tugas yang akan dihadapi”, jelas Aslog Kasal, Laksamana Muda TNI Mulyadi, S.PI., M.A.P.

HARUS BACA :  AS Diduga Kembangkan Persenjataan Nuklir Baru

Turut hadir dalam serah terima 1 unit Kal 28 M dan 2 unit Combat Boat AL D-18 produksi PT Tesco Indomaritim, tersebut yaitu :

  1. Wakil Asisten Operasi (Waasops) Kasal Laksamana Pertama TNI Mintoro Yulianto, S.Sos., M.Si.
  2. Inspektur Pembinaan (Irbin) Itjenal Laksamana Pertama TNI Sunaryo.
  3. Kepala Dinas Material senjata dan elektronika Angkatan Laut Laksma TNI Ir. Gunawan, M.Tr. (Han).
  4. Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut V Surabaya Laksamana Pertama TNI Edi Sucipto, S.E.
  5. Danlantamal VII Kupang Brigadir Jenderal TNI (Mar) Dedi Suhendar.
  6. Komandan Lanal Tarempa Letkol Laut (T) Arie Cahyo Nugroho,.
  7. Direktur PT Tesco Indomaritim DR. Jamin Basuki.
  8. Para pejabat terkait lainnya.

(Dispenal)

Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here