Rusia Dirikan Pangkalan Militer Permanen di Suriah

Militer.or.id – Rusia Dirikan Pangkalan Militer Permanen di Suriah.

Pangkalan angkatan laut Tartus di Suriah. (Sumber: Defense World)

Militer.or.id – Rusia memperluas kehadiran militernya di Suriah dengan meningkatkan pangkalan di Tartus dan Khmeimim menjadi pusat militer permanen, tutur Menteri Pertahanan Rusia pada hari Selasa, seperti dilansir dari Defense World.

Menteri Pertahanan Rusia Sergey Shoigu pada hari Selasa menyatakan bahwa kementerian pertahanan Rusia telah memulai pembentukan pusat militer permanen di fasilitas angkatan laut Tartus dan pangkalan udara Hmeymim di Suriah. Setelah perjanjian Rusia-Suriah yang ditandatangani awal tahun ini di Tartus diratifikasi, fasilitas angkatan laut akan menjadi basis angkatan laut penuh.

HARUS BACA :  Meski Sudah Kuat, Rusia Bangun Klaster Angkatan Laut Baru

Pangkalan Udara Khmeimim, yang terletak di dekat Latakia, dan situs angkatan laut di kota pelabuhan Tartus keduanya telah diserahkan ke Rusia selama 49 tahun tanpa biaya sewa dan dengan syarat perpanjangan otomatis kecuali salah satu negara memilih untuk menghentikan kesepakatan tersebut.

HARUS BACA :  Korea Utara Luncurkan 3 Rudal Balistik

Setelah pemungutan suara oleh majelis tinggi parlemen Rusia untuk memperpanjang hak sewa militer, Shoigu mengumumkan rencana untuk secara drastis memperluas fasilitas angkatan laut Mediterania, menciptakan ruang untuk menjaga 11 kapal perang, termasuk kapal perang nuklir.

HARUS BACA :  AS Akan Gunakan F-35 Buka Rahasia Angkatan Udara Rusia

Pangkalan Hmeimim telah menjadi pijakan utama bagi kampanye militer Rusia di Suriah. Fasilitas angkatan laut Tartus telah digunakan sejak zaman Uni Soviet dan merupakan satu-satunya pangkalan angkatan laut Rusia di Laut Tengah.

Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.1k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  202 Marinir Akan Bertugas ke Lebanon

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here
HARUS BACA :  Australia Temukan Bangkai Kapal Selam Masa Perang Dunia I