Rusia Dirikan Pangkalan Militer Permanen di Suriah

Rusia Dirikan Pangkalan Militer Permanen di Suriah

Militer.or.id – Rusia Dirikan Pangkalan Militer Permanen di Suriah.

Pangkalan angkatan laut Tartus di Suriah. (Sumber: Defense World)

Militer.or.id – Rusia memperluas kehadiran militernya di Suriah dengan meningkatkan pangkalan di Tartus dan Khmeimim menjadi pusat militer permanen, tutur Menteri Pertahanan Rusia pada hari Selasa, seperti dilansir dari Defense World.

Menteri Pertahanan Rusia Sergey Shoigu pada hari Selasa menyatakan bahwa kementerian pertahanan Rusia telah memulai pembentukan pusat militer permanen di fasilitas angkatan laut Tartus dan pangkalan udara Hmeymim di Suriah. Setelah perjanjian Rusia-Suriah yang ditandatangani awal tahun ini di Tartus diratifikasi, fasilitas angkatan laut akan menjadi basis angkatan laut penuh.

Pangkalan Udara Khmeimim, yang terletak di dekat Latakia, dan situs angkatan laut di kota pelabuhan Tartus keduanya telah diserahkan ke Rusia selama 49 tahun tanpa biaya sewa dan dengan syarat perpanjangan otomatis kecuali salah satu negara memilih untuk menghentikan kesepakatan tersebut.

Setelah pemungutan suara oleh majelis tinggi parlemen Rusia untuk memperpanjang hak sewa militer, Shoigu mengumumkan rencana untuk secara drastis memperluas fasilitas angkatan laut Mediterania, menciptakan ruang untuk menjaga 11 kapal perang, termasuk kapal perang nuklir.

Pangkalan Hmeimim telah menjadi pijakan utama bagi kampanye militer Rusia di Suriah. Fasilitas angkatan laut Tartus telah digunakan sejak zaman Uni Soviet dan merupakan satu-satunya pangkalan angkatan laut Rusia di Laut Tengah.

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *