Bomber Tempur GR4 Tornado Arab Saudi Kecelakaan di Yaman

Bomber Tempur GR4 Tornado Arab Saudi Kecelakaan di Yaman

Militer.or.id – Bomber Tempur GR4 Tornado Arab Saudi Kecelakaan di Yaman.

Pembom tempur GR4 Tornado Angkatan Udara Arab Saudi. (Foto: Defense World)

Militer.or.id – Pasukan Koalisi pimpinan Arab Saudi mengeluarkan sebuah pernyataan pada hari Minggu bahwa sebuah pesawat tempur Angkatan Udara Arab Saudi yang memerangi gerakan bersenjata Houthi di Yaman jatuh karena kesalahan teknis saat melakukan operasi militer.

Dilansir dari Defense World, pernyataan tersebut dikeluarkan menyusul pernyataan yang dibuat oleh pemberontak Houthi bahwa mereka telah menembak jatuh sebuah pesawat tempur milik Arab Saudi di provinsi utara Saada pada hari Minggu.

Namun kantor berita Arab Saudi, SPA yang dikutip Reuters mengatakan bahwa pesawat yang jatuh di zona perang tersebut adalah karena kesalahan teknis. Dikatakan pula bahwa koalisi pimpinan Saudi melakukan operasi khusus untuk mengevakuasi dua pilot yang selamat dari kecelakaan itu.

Koalisi yang dipimpin oleh Saudi telah melakukan operasi pengawasan reguler dan serangan udara di wilayah Yaman yang dikendalikan oleh pemberontak Houthi sebagai bagian dari perangnya di Yaman yang dimulai sejak tahun 2015.

Konflik tersebut – yang secara luas dilihat sebagai perang proxy antara Arab Saudi dan Iran – telah menyebabkan lebih dari 2 juta orang mengungsikan, menyebabkan wabah kolera dan mendorong negara tersebut ke jurang kelaparan. Sedikitnya 10.000 orang terbunuh.

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *