Siswa STIP Kunjungi Kapal Patroli Terbesar Bakamla RI

Militer.or.id – Siswa STIP Kunjungi Kapal Patroli Terbesar Bakamla RI.

Siswa STIP berjumlah 35 orang bersama 2 orang pelatih, ingin melihat kapal patroli terbesar Bakamla RI, maka  pada 22 Maret 2018 berkunjung ke KN Tanjung Datu Bakamla RI yang sedang sandar di Pelabuhan JICT, Tanjung Priok, Jakarta Utara

Jakarta, Militer.or.id – Sejumlah siswa Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) memuaskan rasa keingintahuannya terhadap kapal patroli terbesar Bakamla RI, maka pada Kamis 22 Maret 2018  berkunjung dan melihat langsung KN Tanjung Datu Bakamla RI yang sedang sandar di Pelabuhan JICT, Tanjung Priok, Jakarta.

Kedatangan siswa STIP berjumlah 35 orang bersama 2 orang pelatih disambut Mayor Laut (P) Supriyono yang sehari hari menjabat sebagai Pawas Kapal KN Tanjung Datu 1101 sekaligus anggota Satgas Bakti sosial Asmat.

HARUS BACA :  Presiden Prancis Usul Pembentukan Tentara Real Eropa

Bukan hanya siswa STIP, pada waktu yang bersamaan pegawai Bakamla RI juga ikut berkunjung ke kapal patroli dengan nomor lambung 1101 tersebut, yang kemarin baru mengakhiri perjalanan layarnya dari Batam ke Jakarta dan langsung sandar di Jakarta Internasional container Terminal Tanjung Priok.

HARUS BACA :  7th, 8th FA-50PHs Arrive, 4 More Coming until May

Di awal kegiatan para siswa STIP dan pegawai Bakamla RI dibawa ke ruang kelas ABK. Irfan Naftillah yang menjabat sebagai Mualim 4 menjelaskan tentang tugas pokok dan visi misi Bakamla, struktur organisasi KN Tanjung Datu dan pemahaman tentang Indonesia Coast Guard yang memiliki tugas serupa dengan tugas yang diemban oleh Bakamla RI.

HARUS BACA :  1335 Prajurit Komando Tugas Gabungan Terpadu Ditarik dari Sulteng – Militer.or.id

Irfan Naftillah menjelaskan bahwa didalam tubuh Bakamla RI tidak hanya terdiri dari ASN, tetapi ada pula yang berasal dari TNI AL, TNI AD, TNI AU, Polair, Kejaksaan dan KKP. Pada sesi berikutnya Mayor Laut (P) Supriyono menjelaskan tentang rencana pelayaran perdana KN Tanjung Datu yang akan dilepas besok hari Jumat 23 Maret 2018 dengan membawa misi bantuan dan Bakti Sosial ke Asmat.

HARUS BACA :  Urgensi Industri Strategis Dalam Pertahanan Negara
HARUS BACA :  Urgensi Industri Strategis Dalam Pertahanan Negara

Dalam kesempatan tersebut Supriyono juga memberikan motivasi kepada para siswa STIP bahwa tenaga mereka sangat dibutuhkan saat lulus untuk mendukung terwujudnya Indonesia sebagai poros maritim dunia sebagaimana yang diamanatkan Presiden RI Joko Widodo.

Usai kegiatan dikelas para peserta diajak berkeliling kapal dimulai dari ruang mesin, long room perwira, long room ABK, Hellideck, Ruang Dapur hingga Anjungan Utama Kapal. Para siswa menunjukkan minat dan antusiasme yang tinggi dalam kunjungan ini.  Banyak yang menyampaikan pertanyaan seputar peralatan kapal dan tugas-tugas yang diemban oleh KN Tanjung Datu.

Khususnya saat berada di Anjungan, keingintahuan tentang peralatan Navigasi Kapal sangat tinggi. Irfan Naftillah juga menjawab setiap pertanyaan para siswa dengan penuh semangat. Mengakhiri kunjungannya, para siswa dan personel Bakamla photo bersama dengan latarbelakang kapal KN Tanjung Datu.

(Humas Bakamla RI)

Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here