Rudal Jelajah Supersonik Kh-31 Rusia vs Sistem Tempur Aegis Amerika Serikat

Militer.or.id – Angkatan Laut Rusia akan mengerahkan jet tempur Sukhoi Su-30SM (Flanker-H) ke dalam Armada Baltik-nya pada tahun ini.

Jet tempur lintas peran tersebut akan dipersenjatai dengan rudal jelajah anti kapal Kh-31 dengan kecepatan supersonik yang mampu menembus air. Su-30SM tentunya akan meningkatkan keunggulan maritim Rusia secara signifikan untuk memblokir akses musuh di wilayah tersebut.

HARUS BACA :  It is Reported that Thailand has Purchased a Chinese Anti-Aircraft Missile System KS-1 (HQ-12)

Selain menuju Armada Baltik, Moskow juga akan mengerahkan jet tempur tersebut ke fasilitas Severomorsk-3. Disana, Su-30SM akan bertugas untuk mengamankan sektor udara manakala kapal-kapal maritim Rusia beroperasi di Laut Barents di Kutub Utara.

“Beberapa unit tambahan akan ditempatkan di regu udara Armada Laut Baltik, sesuai dengan kontrak pertahanan pemerintah di tahun 2017,” tulis pernyataan yang dikeluarkan oleh Kementerian Pertahanan Rusia seperti dikutip oleh kantor berita TASS. Unit Su-30SM perdana sudah diterjunkan ke Pangkalan Chernyakhovsk di Kaliningrad pada 8 Desember silam.

HARUS BACA :  The Drive : Delilah could be Equipped for Vietnamese Su-30
HARUS BACA :  Pembelian Sukhoi Su-35 Terkendala ToT dan Produksi Bersama

Varian rudal AAM Kh-31 yang disematkan pada Su-30SM milik AL Rusia memiliki jarak tempuh sejauh 120 mil (190 km) dengan kecepatan 3,5 Mach (4320 km/jam). Corong berita pemerintah Rusia, Izvestia berkali-kali menggembor-gemborkan kekuatan Kh-31 dalam tajuk beritanya. “Satu buah rudal (Kh-31) dijamin akan meluluhlantakkan kapal jelajah rudal kelas Ticonderoga yang saat ini bertugas di US Navy,” ujar kolumnis berita Izvestia, Alex Ramm.

Roy Prasetya
Roy Prasetyahttps://militer.or.id
NKRI adalah harga mati! Demikian menjadi prinsip hidup penulis lepas ini. Berminat terhadap segala macam teknologi militer sejak kelas 5 SD, ketika melihat pameran Indonesian Air Show 1996.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.1k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  Pesawat N219 Terbang di Kota Bandung

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here
HARUS BACA :  Indonesia Siap Jadi Mediator Selesaikan Krisis Myanmar