Papua Barat Upgrade Runway Bandara Pegunungan Arfak

Militer.or.id – Papua Barat Upgrade Runway Bandara Pegunungan Arfak.

Danau Anggi Gida, Kabupaten Pegunungan Arfak, Provinsi Papua Barat (twitter : Bernadus Wof – @bernadwf)

Manokwari – Pemerintah Provinsi Papua Barat tahun ini akan memperpanjang landasan pacu (runway) bandar udara Irey di Kabupaten Pegunungan Arfak.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perhubungan Papua Barat Max L Sabarofex di Manokwari, Selasa, 5/9/2017 mengatakan pemprov sudah mengalokasikan anggaran Rp 5 miliar melalui APBD tahun 2017.

HARUS BACA :  PH Marines Train to Maneuver Amphibious Assault Vehicles in Japan

Max L Sabarofex menyebutkan pemerintah Pegunungan Arfak telah membebaskan lahan sepanjang 200 meter dari ujung “runway”.

Sejumlah bangunan akan direlokasi untuk mendukung pengembangan bandara udara Irey.

“Seperti gedung sekolah SMP, itu nanti akan dipindah. Pemerintah daerah telah menyiapkan lokasi baru untuk sekolah tersebut,” ujarnya.

Selain memperpanjang “runway”, pemerintah Papua Barat pada tahun ini juga akan melanjutkan pembangunan “drainase” (saluran air) sekitar bandara, karena tidak ingin air menggenangi landasan pacu dan mengganggu sistem keselamatan.

HARUS BACA :  Automatic Dependant Surveillance Broadcast Wilayah Papua
HARUS BACA :  Explanation from CASC about the Failure of C 705 Missile during Armada Jaya Exercise

Menurut Max L Sabarofex,Ggubernur Papua Barat perduli dengan mengembangkan sejumlah bandara di daerah-daerah, termasuk Pegunungan Arfak sebagai daerah otonomi baru yang kaya akan potensi sumber daya alam.

Kabupaten baru ini membutuhkan dukungan untuk mengembangkan daerah. Pembangunan infrastruktur perhubungan dinilai sebagai kebutuhan yang cukup mendesak.

Topografi wilayah Pegunungan Arfak berbeda dari yang lain. Di sisi lain alam Arfak punya potensi luar biasa, dari pariwisata hingga perkebunan dan pertanian,” ujarnya, dirilis Antara.

HARUS BACA :  Kapal di Bawah 10 GT Bebas Izin Melaut

Sudah sejak beberapa tahun lalu, bandara Iray dioperasikan, meski saat ini hanya bisa melayani penerbangan pesawat kecil.

Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here