TNI AL Dukung Pemerintah Wujudkan Poros Maritim

Militer.or.id – TNI AL Dukung Pemerintah Wujudkan Poros Maritim.

TNI AL menggelar  FGD yang membahas tentang Peran TNI AL Mendukung Percepatan Program Pemerintah Dalam Pengembangan Infrastruktur dan Konektivitas Maritim Untuk Mewujudkan Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia.

Jakarta, Militer.or.id – TNI Angkatan Laut menggelar Focus Group Discussion (FGD) yang membahas tentang Peran TNI AL Mendukung Percepatan Program Pemerintah Dalam Pengembangan Infrastruktur dan Konektivitas Maritim Dalam Rangka Mewujudkan Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia, yang dibuka oleh Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI A. Taufiq R., pada Senin 18 Desember 2017 di Wisma Elang Laut (WEL), Jakarta Pusat.

Kegiatan Focus Group Discussion  dibuka dengan Keynote Speech dari Menko Maritim RI, Jenderal TNI (HOR) (Purn) Luhut Binsar Panjaitan, serta pembicara Menteri Perhubungan Ir. Budi Karya Sumadi.

Kegiatan ini dibuka dengan Keynote Speech dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman (Menko Maritim) RI, Jenderal TNI (HOR) (Purn) Luhut Binsar Panjaitan, serta pembicara Menteri Perhubungan (Menhub) Ir. Budi Karya Sumadi. Pada penyelenggaraan FGD ini mengangkat tema “Melalui Pengembangan Infrastruktur dan Konektivitas Maritim Kita Tingkatkan Peran TNI AL Untuk Mewujudkan Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia”.

HARUS BACA :  Australian AWD Program Advances
HARUS BACA :  Kasal Terima Kunjungan Dubes RI untuk Turki

Dalam amanat Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., yang dibacakan oleh Wakasal pada kesempatan tersebut mengatakan bahwa, dua pertiga wilayah Indonesia adalah lautan, dimana disitulah sumber kesejahteraan Rakyat Indonesia. Perairan nasional merupakan sumber daya yang sangat besar bagi kemakmuran bangsa di masa depan bila dikelola dengan baik.

Pada penyelenggaraan Focus Group Discussion ini mengangkat tema “Melalui Pengembangan Infrastruktur dan Konektivitas Maritim Kita Tingkatkan Peran TNI AL Untuk Mewujudkan Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia”.

“Peluang dan harapan tersebut akan pupus jika kita tidak mampu mengamankan dan melindungi wilayah laut dari pemanfaatan pihak-pihak tertentu demi kepentingan mereka sendiri”, ungkap Kasal dalam amanat yang dibacakan Wakasal Laksamana Madya TNI A. Taufiq R .

HARUS BACA :  Rusia Telah Menguji Rudal Balistik RS-12M Topol

Lebih lanjut menurutnya, FGD ini digelar untuk membahas peran TNI AL mendukung percepatan program pemerintah dalam pengembangan infrastruktur dan konektivitas maritim. “Diharapkan setiap peserta dapat memberikan masukan yang konstruktif bagi TNI AL dalam mendukung kebijakan pemerintah yang mengacu pada lima pilar poros maritim dari berbagai aspek”, jelas Kasal.

Dalam amanat Kasal, yang dibacakan oleh Wakasal Laksamana Madya TNI A. Taufiq R pada kesempatan tersebut mengatakan bahwa, dua pertiga wilayah Indonesia adalah lautan, dimana disitulah sumber kesejahteraan Rakyat Indonesia.

Kegiatan yang digelar selama satu hari ini, diikuti sebanyak 170 orang peserta yang terdiri dari narasumber, maupun perwakilan Perwira dari tiap-tiap Satuan TNI AL. Bertindak selaku Pemapar Naskah FGD yaitu Kolonel Laut (P) Aris Cahyono dari Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), dengan Moderator acara yaitu Dr. Ir. Kusno Anggoro.

HARUS BACA :  Korps Marinir AS Ingin Armada Hornet Pakai GPS Anti-Jam
HARUS BACA :  Pemprov Jabar Masih Rahasiakan Lokasi Bandara Sukabumi

Hadir pada Focus Group Discussion tersebut diantaranya adalah :

  1. Para pejabat utama Mabesal.
  2. Para pimpinan Kotama TNI AL wilayah Jakarta.
  3. Para Kepala Dinas di jajaran Mabesal Jakarta.
  4. Pejabat terkait lainnya.

(Dispenal)

Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here